Mengenal Sejarah Olahraga Basket Olahraga yang berasal dari kanada ini awalnya diciptakan dengan tidak sengaja oleh seorang guru olahraga di Massachusetts, Dr, james Naismith. James menciptakan olah raga ini untuk mengisi kekosongan muridnya yang sedang menjalani libuan musim dingin dengan membuat suatu ruangan tertutup di sekolah. James sendiri terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat masih muda di Ontario.

Di tahun 1891 permainan ini diresmikan dengan nama basket, melihat terlalu banyak kekerasan dan banyakya ketidaksesuaian dalam masa permainan akhirnya james memutuskan untuk membuat suatu permainan dasar dan menempelkan didinding gelanggang olahraga

Pertandingan bola basket pertama kali diselenggarakan secara resmi di tahun 1892 tepatnya di tanggal 20 januari. Pada awal permainan ini tidak dibenarkan untuk melakukan dribble atau gerakan untuk menggiring bola dan hanya melakukan perpindahan bola dengan melempar atau mengoper bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Diawal permainan ini pun satu tim terdiri dari 9 orang tidak seperti sekarang yang 1 tim hanya terdiri dari 5 orang dengan posisi dan perannya masing – masing.

Setengah abad lebih setelah diselenggarakannya pertandingan resmi di seluruh dunia, berdirilah sebuah asosiasi untuk pertandingan bola basket di amerika untuk kaum pria dengan nama BBA, yang menjadi liga terpopuler dan dinilai sebagai liga paling bergengsi saat ini. Namun tidak ada keterangan yang jelas sejak kapan liga ini berganti nama menjadi NBA.

Mengenal Kapan Perkembangan Di Indonesia

Namun apakah ada yang mengetahui sejak kapan olahraga satu ini mulai memasuki Indonesia? Olahraga satu ini masuk bersamaan dengan bangsa cina di Indonesia di tahun 1984, olahraga satu ini terkenal sangan kental dengan bangsa cina dikarenakan selain datangnya ke Indonesia yang bersamaan dengan bangsa cina, banyaknya juga tim dan pemain-pemain yang sangat popular di tahun 90 an yang pada umumnya berasal dari sekolah sekolah cina yang ada.

Liga remi bola basket di Indonesia pun secara resmi di mulai pada tahun 2003 yang saat itu diikuti oleh 12 tim dan secara resmi dinamakan Indonesian basketball league atau lebih dikenal dengan singkatan IBL. Organisasi pengatur bola basket diindonesia sendiri didirikan lebih awal yaitu di tahun 1951.

Sayangnya liga bola basket di Indonesia pun tidak berjalan sesuai harapan, banyak sekali kontroversial yang ada di liga ini, mulai dari sering kali bergantinya promotor dan dikabarkan hampir dibubarkan dipenghujung tahun 2009. Di waktu ini sudah berdiri liga bola basket untuk para siswa dengan nama Development basketball league atau lebih dikenal DBL yang sudah tersebar di 21 kota diindonesai dan diperkirankan dengan 25000 lebih pemain

Mengenal Posisi Dan Peran Pemain

Hingga saat ini, cara bermain basket yang berbeda dengan cara bermainnya saat pertama kali diciptakan pun sudah banyak mengalami perubah. Di waktu pertama kali permainan basket dimainkan dengan 9 orang dalam 1 tim, kini 1 tim pun hanya terdiri dari 5 orang dengan posisi dan peran yang berbeda.

Dimulai dari posisi point guard yang tugasnya adalah membawa bola kedepan dan memberikannya keparda rekan satu timnya untuk mencetak angka, lalu ada posisi shooting guard yang tugasnya untuk mencetak angka dengan lemparan dari jarak jauh, posisi small forward tugas menerobos masuk ke pemain bertahan lawan untuk bisa mencetak angka, posisi power forward yang tugasnya adalah merebut bola atau rebound dari tembakan yang gagal dilakukan shooting guard, dan yang terakhir posisi center yang tugasnya menjaga daerah bertahan dan daerah menyerang, yang biasanya diberikan kepada pemain yang bertubuh besar dan tinggi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *