APA ITU VAR ?

MENGENAL TEKNOLOGI VAR DI DUNIA SEPAK BOLA – Video assistant referee atau VAR, adalah teknologi yang diluncurkan pertama kali di ajang piala dunia Rusia tahun 2018 lalu. VAR ditugaskan untuk meminimalisirkan kesalahahan keputusan yang diambil oleh wasit.

Dalam dunia sepak bola, bukan lagi menjadi sesuatu yang baru jika terjadi banyak drama atau kontroversi diatas lapangan hijau. Peran VAR sendiri sebenarnya sangat membantu dalam berjalannya suatu pertandingan.

VAR tidak bisa bekerja dengan sendiri, dalam menjalankan teknologi ini, wasit dibantu oleh 13 asisten wasit yang dilengkapi 33 kamera dan 12 kamera yang memiliki kemampuan super yang bisa menangkap semua kejadian di suatu pertandingan. Berkat teknologi sangat mudah untuk mengetahui pelanggaran dan kejadian luput dari perhatian wasit di lapangan hijau

namun teknologi ini dinilai memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya sendiri. Kelebihan dan kekuangannya adalah sebagai berikut

MENGENAL TEKNOLOGI DAN KELEBIHAN VAR

Teknologi VAR dinilai sangat mempermudah kerja wasit dan sangat membantu pengambilan keputusan yang tepat dalam sebuah pertandingan.

Jika anda adalah seorang pecinta sepak bola, mungkin ada pernah mendengar atau tahu beberapa kejadian yang menjadi sangat viral dalam dunia sepak bola seperti gol tangan tuhan Maradona, gol tangan tuhan Messi dan gigitan Luis suarez di ajang piala dunia brazil 2014.

VAR yang resmi digunakan oleh FIFA untuk pertama kali di ajang piala dunia rusia 2018 dinilai sangat mengurangi terjadinya kontroversi di atas lapangan hijau, sebagai salah satu contoh di final pertandingan piala dunia 2018 Prancis kontra Kroasia, tim Prancis mendapat hadiah pinalti akibat hand ball yang dilakukan oleh Ivan Perisic.

Teknologi VAR sendiri juga dinilai sangat memberikan efek jerah kepada para pemain yang kerap kali melakukan diving dan juga memberikan keadilan terhadap gol yang kerap kali menjadi kontroversi offside atau tidak.

Bisa kita bayangkan jika teknologi ini sudah ada sejak dulu, mungkin julukan tangan tuhan dari legenda Maradona tidak akan pernah ada dan mungkin juga inggris lah yang melaju ke babak final melawan jerman barat pada saat itu.

Di ajang piala dunia Rusia 2018 lalu , VAR tercatat memberikan 14 kali hadiah pinalti dalam 29 pertandingan dan menjadi penyelesaian dalam 20 tindakan kontroversi.

MENGENAL TEKNOLOGI DAN KEKURANGAN VAR

Selain dinilai memiliki banyak kelebihan dalam membantu peran wasit, teknologi VAR juga dinilai mempunyai banyak kelebihan dalam perannya

Teknologi VAR dinilai mengurangi kuasa wasit yang dinilai mempunyai keputusan mutlak dalam berjalannya suatu pertandingan. Saking hebatnya teknologi ini, ada yang berpendapat suatu pertandingan dinilai bisa berjalan tanpa ada nya peran wasit . Keputusan wasit yang seharusnya menjadi keputusan mutlak dalam pertandingan dinilai sering kali berubah karena teknologi ini.

Selain itu, dalam melihat video rekaman ulang yang diperlihatkan teknologi VAR juga dinilai memakan waktu yang sangat lama, di akhir berjalannya suatu pertandingan teknologi ini dinilai sangat membuang waktu.

Teknologi VAR sendiri juga dinilai sering kali mengganggu atau menhilangkan momentum terjadinya gol, para pemain yang tadinya sedang bertanding dalam mood yang sangat baik kerap kali menjadi down karena teknologi ini.

Banyak yang berpendapat bahwa kesalahan keputusan yang diberikan oleh wasit menjadi bumbu keseruan dan seni dari berjalannya suatu pertandingan.

PENDAPAT APAKAH VAR BERGUNA?

Terlepas dari pro dan kontra pendapat diatas , teknologi ini tentu membawa terobosan positif terhadap dunia sepak bola menurut saya, mungkin teknologi ini tidak berkerja dengan sempurna namun teknologi ini tentu sangat membantu dalam perannya sendiri

Lalu bagaimana pendapatmu tentang teknologi ini ??

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *